Penyerang yang baru-baru di beritakan datang dari Gabriel Jesus yang menjadi penendang penalti kelima bagi Brasil saat di laga melawan Paraguay. Pasalnya dia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa Brasil lolos ke semifinal, walau ia angkat bicara dan mengatakan meski dilanda rasa gugup yang luar biasa sebelum tendangan penalti tersebut.

Brasil berjumpa Paraguay di perempat final Copa America 2019, pada hari Jum’at tanggal 28 Juni 2019 kemarin di Porto Alegre. Brasil tampil dengan menunjukkan lebih dominan dan mendapatkan banyak peluang. Ada delapan tendangan tidak meleset dari sasaran.

Tetapi, tidak ada satu pun gol yang mampu diciptakan oleh Selecao selama 90 menit laga berjalan. Padahal, Uruguay harus bermain dengan sepuluh orang. Yang terbilang lebih banyak dari pada tim sendiri.

Selepas laga berakhir dengan skor 0-0 di waktu normal, lalu laga berlanjut lewat adu penalti. Nah pemain muda berusia 22 tahun, Gabriel Jesus maju sebagai penendang kelima. Pemain asal Manchester City sukses menjalankan tugas. Brasil pun menang dengan skor 4-3 atas Paraguay. Walaupun memang skor yang di capai tidak jauh perbedaannya namun ini suatu skor yang cukup membanggakan.

Gabriel Jesus bercerita bahwa dia merasa sangat gugup jelang menendang penalti. Itu terjadi lantaran dia pernah mengalami gagal mengeksekusi penalti pada laga melawan Peru.

“Saya gagal mengeksekusi penalti [lawan Peru]. Saya merasa kesal, jengkel dan marah pada diri saya sendiri. Saya tidak menendang penalti itu dengan cara saya sendiri,” ucap Gabriel Jesus pada SportTV.

“Kami sepakat, kami harus menendang itu dengan cara saya biasanya. Itu membuat saya merasa sedikit cemas,” tegas pemain 22 tahun tersebut.

Rasa Percaya Diri Gabriel Jesus

Gabriel Jesus mendapat banyak masukan usai kegagalan menendang penalti pada laga melawan Peru waktu itu. Namun itu yang membuatnya semakin berusaha keras untuk permainannya. Salah satunya dengan lebih dulu melihat posisi dan arah gerak penjaga gawang sebelum mengambil tendangan. Jesus pun tampil lebih cerdik. Dan akhirnya semua itu tidak sia-sia ia berhasil membuat bangga.

“Setelah Clebinho [asisten pelatih timnas Brasil] melihatnya, saya katakan bahwa saya menerima itu. Saya menjadi percaya diri. Saya lakukan dengan cara saya dan mencetak gol,” kata Gabriel Jesus.

“Pada pertandingan sebelum, saya tidak melihat penjaga gawang dan saya hanya mencari gawangnya. Sekarang, saya lihat penjaga gawang, tenang dan fokus. Saya lihat penjaga gawang bergerak ke kiri dan saya tendang ke arah sebaliknya,” ulasan terakhir Gabriel Jesus.

Akhirnya dengan pencapaian yang ia peroleh untuk Brasil pun lolos ke semifinal Copa America 2019 untuk pertama kali sejak tahun 2007 silam. Selanjutnya, tim arahan Tite tersebut akan menantang Argentina yang lolos ke semifinal dengan mengalahkan Venezuela dengan skor 2-0.

Tinggalkan Balasan

*
*

Required fields are marked *